a

Raih Suara Terbanyak NasDem Pati Ajak Warga Wisata Religi ke Makam Gus Dur

Raih Suara Terbanyak NasDem Pati Ajak Warga Wisata Religi ke Makam Gus Dur

PATI, (29 April): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten  Pati mengadakan kegiatan ziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrohman Wahid (Gus Dur) di pemakaman keluarga yang didalamnya juga terdapat makam kakek Gus Dur; Hadrotussyekh KH Hasyim Asy'ari pendiri Jam'iyyah Nahdlatul Ulama, makam KH Wahid Hasyim, ayahanda Gus Dur yang juga mantan Menteri Agama RI, di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu, (28/4).

Selain ke Tebuireng, rombongan juga melakukan ziarah ke makam Syekh Ibrahim Asmoroqondy dan makam Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur.

Kegiatan wisata religi, ziarah wali ini dilaksanakan kerjasama dengan Pengurus Muslimat NU Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, Jawa Tengah dengan peserta 103 orang terdiri dari 95 orang perempuan muslimat dan 8 orang laki-laki yang terbagi dalam 2 rombongan bus.

Bus 1 dipimpin KH Mahsun dan Bus 2 dipimpin Ustadz Ali Mas'adin, dengan pengawalan masing-masing bus 3 orang anggota BANSER (Barisan Ansor Serbaguna).

Ketua DPD NasDem Kab Pati, H.M. Budiyono menginformasikan bahwa peserta kegiatan ziarah wali difokuskan dari Desa Kertomulyo adalah sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat Desa Kertomulyo karena pada Pemilu 2014 lalu, perolehan suara Partai NasDem di Desa Kertomulyo tertinggi se Kabupaten  Pati dibanding desa-desa lainnya baik dari segi jumlah maupun prosentase.

"Di Desa Kertomulyo dari 2.130 suara sah, Partai NasDem memperoleh 1.557 suara atau 73,10 %.  Untuk Pemilu 2019 nanti, tolong suara Partai NasDem ditingkatkan, minimal dipertahankan," pinta HM Budiyono, yang disambut kesiapan oleh para peserta.

HM Budiyono, yang pernah menjabat Wakil Bupati Pati periode 2012 – 2017, berpesan kepada para peserta untuk menjaga ketertiban, kekompakan, saling bantu membantu agar pelaksanaan ziarah  bisa berjalan lancar.

H. Ali Mansyur HD, Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jawa Tengah menyampaikan maksud kegiatan ziarah ke makam Gus Dur untuk mendoakan Gus Dur dan menauladani kiprah Gus Dur semasa hidup sebagai salah seorang Guru Bangsa yang nasionalis dan demokratis, sangat menghargai kebhinekaan, pluralitas dan humanisme.

"Dalam kiprah berbangsa dan bernegara, banyak kesamaan antara Gus Dur dan Pak Surya Paloh, yang lebih mengutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan kelompok maupun keluarganya," jelas Ali Mansyur HD yang juga menjabat Sekretaris Komisi A DPRD Jawa Tengah dari Dapil Pati, Rembang, Blora dan Grobogan.

Ali Mansyur HD prihatin dengan tumbuhnya kelompok Islam radikal, Islam garis keras yang membuat suasana keberagamaan tidak seramah dulu.

"Dalam berdakwah, kita sebaiknya meneladani para wali, yang berdakwah dengan bijaksana dan mengajak dengan cara-cara yang baik (bilhikmah wal mauidlotil hasanah). Untuk itulah kita berziarah ke makam para wali untuk mendoakan dan mengetahui jejak-jejak perjuangan Beliau" jelas Ali Mansyur HD.

Kegiatan Partai NasDem ini mendapat respon positif dan antusiasme masyarakat, terbukti baru 1 minggu dibuka peserta sudah penuh. Kondisi tersebut sebagaimana yang diinformasikan oleh Ketua Ranting Muslimat NU Hj Fatimatuzzahro.

"Saya sampai nggak enak menolaknya. Bagaimana lagi busnya sudah penuh," kata Bu Fatim dengan harapan di kesempatan yang lain diadakan lagi.

Harapan yang sama juga disampaikan Ibu Masriah sambil mendoakan agar Partai NasDem mendapatkan kepercayaan masyarakat.

"Semoga Partai NasDem tambah jaya dan selalu ada di hati rakyat," harap Ibu Masriah.

Terkait dengan pelaksanan di lapangan, seperti yang dikonfirmasikan ke Sunarto anggota Banser yang mengawal rombongan, menginformasikan bahwa tidak ada masalah di lapangan, kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar, berangkat jam 06.00 wib sampai kepulangan jam 01.30 wib.

"Meski capek tapi rasanya puas, karena kita sudah diajak ziarah gratis, dapat buku Yasin Tahlil, dapat makan, pokoknya top Partai NasDem," ungkap Sunarto sambil tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Partai NasDem.(*)

Add Comment