a

NasDem Dukung Total Cawapres Pilihan Jokowi

NasDem Dukung Total Cawapres Pilihan Jokowi

JAKARTA, (12 April): Ketua DPP Partai NasDem Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Willy Aditya kembali menegaskan perihal bentuk dukungan koalisi tanpa syarat yang diberikan kepada Presiden Joko Widodo. Partai dengan nomor urut 5 tersebut memberi kebebasan sepenuhnya kepada Jokowi untuk memilih calon wakil presiden.

Hal tersebut diutarakan Willy saat menanggapi gencarnya kampanye Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cak Imin yang telah mendekelarasikan dirinya sebagai cawapres 2019 pendamping Jokowi. Willy menilai, dalam demokrasi semua pihak termasuk partai koalisi pendukung Jokowi berhak mendeklarasikan kadernya menjadi cawapres.

"Demokrasi yang kita perjuangkan dari dulu, melahirkan kebebasan untuk mengekspresikan pendapat, kalau Cak Imin berusaha untuk mau jadi cawapres ya bebas-bebas saja," tutur Willy di Jakarta, Kamis (12/4).

Willy melanjutkan, sebagai partai yang sama-sama berkoalisi, NasDem wajib menghormati keputusan politik PKB. Kendati demikian, Willy menegaskan penentuan Cak Imin sebagai cawapres semuanya bergantung kepada pilihan Jokowi.

"Sebagai partai koalisi ya kita apresiasi, namun prinsipnya harus diserahkan kepadaJokowi sendiri. Ketika Jokowi sudah menentukan pasangannya maka NasDem tetap berpegang teguh dengan koalisi tanpa syarat, jadi kalau Jokowi memilih Cak Imin ya tentu kita akan dukung," ungkapnya.

Willy tidak menampik bahwa semua partai pendukung Jokowi pasti memiliki kriteria dan kandidat cawapresnya masing-masing. Namun, Willy mengingatkan agar partai koalisi pendukung Jokowi tidak kisruh memperebutkan kursi cawapres, Willy meminta partai koalisi untuk sama-sama total memenangkan Jokowi siapapun wakilnya nanti.

"NasDem tidak usung cawapres. Siapapun wakilnya nanti kami akan dukung total," jelas Willy. (Uta/*)

Add Comment