a

NasDem Sulteng Uji Coba Saksi Cerdas di Pilkada Serentak

NasDem Sulteng Uji Coba Saksi Cerdas di Pilkada Serentak

PALU, (1 April): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Tengah akan menguji coba sejumlah saksi yang telah dilatih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal itu dilakukan demi melihat kemampuan saksi.

Sekretaris DPW Partai NasDem Sulteng, Muslimun mengaku, sebelumnya saksi yang tergabung dari 12 kabupaten dan 1 kota di Sulteng itu dilatih untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

"Karena tahun ini NasDem mengusung dua pasangan calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Donggala dan Morowali, olehnya saksi yang telah dilatih itu akan kami uji coba dulu di sana," ujar Muslimun saat dihubungi Media Indonesia dari Jakarta, Minggu (1/4).

Lebih jauh Muslimun mengatakan, NasDem akan melihat sejauh mana kemampuan sejumlah saksi itu setelah diuji coba. Sebab untuk Pileg dan Pilpres nanti, NasDem tidak mau menurunkan saksi tanpa kemampuan yang mempuni.

"Setelah uji coba akan dievaluasi, jika masih banyak kekurangan akan kembali dilatih. Intinya semua saksi yang akan diturunkan nanti harus siap dengan segala kemampuan sebagai saksi yang cerdas," jelas Muslimun.

Ditambahkan Muslimun, akan rutin melatih saksi NasDem untuk peningkatan kapasitas saksi, tidak hanya dilakukan sekali. Tetapi dilakukan secara berkelanjutan yaitu selama tiga bulan sekali.

Hal tersebut diikutkan dengan evaluasi kinerja saksi setelah dilepas di lapangan.

"Ya, semata-mata itu dilakukan agar kapasitas saksi yang diinginkan oleh Partai NasDem dapat tercapai," tandasnya. (MI/*)

Add Comment