a

NasDem Demak Rangsang Kaum Ibu Berwirausaha

NasDem Demak Rangsang Kaum Ibu Berwirausaha

DEMAK, (28 Maret): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kabupaten Demak bekerja sama dengan 'Relawan Sahabat Mbak Rerie'  mengadakan Decoupage Workshop di kediaman salah satu kader NasDem,Kyai Fahrur Rozi di Desa Karang Rowo, Kecamatan Wono Salam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (28/3).

Lebih dari 40 wanita yang didominasi Ibu rumah tangga mengikuti Decoupage Workshop. Mayoritas peserta merupakan anggota PKK, Jamaah Muslimat Desa Karang Rowo serta warga sekitar. Mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan ini meskipun beberapa mengaku terpaksa harus meninggalkan beberapa pekerjaan rutin di rumah agar bisa bergabung dalam workshop. 

Workshop kali ini dibagi menjadi 2 sesi utama yaitu teori dan praktek dengan porsi waktu terbanyak pada praktek. Sebagai pemandu dan pengajar, panitia mendatangkan Ika Radiawati, pengusaha dan penggiat kerajinan Decoupage dari Semarang. Dalam sesi teori diberikan pengarahan dan pengetahuan mengenai asal-usul trend Decoupage beserta jenis pengaplikasiannya. Selain itu juga ada tips agar hasil karya menjadi memiliki nilai jual dengan memasarkan secara online.

Pada sesi praktek semua peserta diajak berkreasi bersama membuat Decoupage secara langsung dengan bahan yang disediakan panitia. Semua peserta diberikan tas tangan atau clutch beserta tissu hias decoupage. Dari kedua bahan utama tersebut, peserta diajak untuk berkreasi memberikan motif hiasan pada tas dengan memakai tissu Decoupage sebagai materi hias.

Meskipun mayoritas peserta mengatakan bahwa ini adalah kali pertama mereka melakukan praktek menghias dengan unsur decoupage, namun tidak ada kesulitan yang berarti karena caranya juga tidak terlalu sulit. Bahkan terlihat peserta dapat saling berbagi motif tissu dengan tujuan agar hasil karya lebih cantik dan bervariasi.

“Unsur decoupage bukan hanya dapat diaplikasikan pada tas atau dompet, namun dapat juga dikreasikan menjadi karya lain, seperti pada tempat tissu, piring hingga pada talenan”, ungkap Ika Radiawati.

Tujuan dari workshop Docupage ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa wirausaha di kaum perempuan dengan memanfaatkan barang sekitar sehingga bisa sebagai hobby sekaligus dapat meningkatkan nilai jual.

"Ini kali pertama saya mengikuti workshop Decoupage. Saya kira membuat barang hias seperti ini sangat sulit dan dibutuhkan mesin canggih, tapi ternyata setelah dipraktekkan sangat mudah dan sederhana. Terima kasih kepada Mbak Rerie dan NasDem. Semoga bisa diadakan setiap bulan", ujar Siti Maimunah, salah seorang peserta Decoupage.

Acara workshop ditutup dengan foto bersama peserta dan kemudian dilanjutkan ramah tamah dengan segenap panitia acara.(NasDem Jateng/*)

Add Comment