a

Bakal Calon Wakil Walikota Samarinda Mengerut ke Lima Nama

Bakal Calon Wakil Walikota Samarinda Mengerut ke Lima Nama

SAMARINDA, (28 Maret): Penjaringan Bakal Calon Wakil Walikota (Balon Wawali) Samarinda yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kalimantan Timur memunculkan lima orang yang dinyatakan lolos mengikuti tahapan lanjutan penjaringan.

Ke lima orang yang dinyatakan lolos seleksi oleh tim seleksi (timsel) adalah Donna Dayang Faroek, Hermanto, Fatimah Asyari, Saefuddin Zuhri, dan Muslimin. Kelimanya dinyatakan layak mengikuti tahapan seleksi lanjutan yang akan diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem.

Anggota Timsel Bakal Calon Wawali Samarinda dari Partai NasDem, Sri Sajekti Sudjunadi atau yang akrab disapa Jeannette Sudjunadi menuturkan, keputusan tersebutkan didapatkan dari hasil uji kompetensi yang melibatkan lima orang tim seleksi. Anggota Timsel terdiri dari Ketua DPW NasDem Kaltim Harbiansyah Hanafiah, Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Masjaya, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Mukhamad Ilyasin, Pengurus DPP NasDem Putu Artha, dan Sri Sajekti Sudjunadi sendiri.

“Lima anggota timsel memutuskan lima orang itu lolos dalam tahapan wawancara. Semuanya sepakat tanpa ada dissenting opinion (pendapat berbeda, Red.),” kata Sri saat mengumumkan bakal calon Wawali Samarinda yang lolos dalam tahapan wawancara, Senin (26/3).

Ditambahkan Jeannette, keputusan tersebut tidak berdasarkan peringkat. Timsel hanya berpatokan pada tujuh kriteria yang ditentukan. Adapun kriteria tersebut adalah kualitas gagasan akan problematika Samarinda, kualitas kreativitas, dan kualitas motivasi mengikuti seleksi. Selain itu ada pula pertimbangan rekam jejak, kualitas komunikasi politik, laporan progress report komunikasi politik, dan kualitas hubungan dengan partai koalisi.

“Semua kualitas itu dimiliki oleh lima orang yang kami nyatakan lolos dalam tahapan ini,” jelasnya.

Jeannette juga menegaskan, lima calon lainnya yang dinyatakan tidak lolos dalam tahapan lanjutan seleksi tersebut bukannya tidak memiliki kualifikasi untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Namun timsel sepakat bahwa kelimanya kalah bersaing dengan lima tokoh yang lolos.

“Semua tokoh yang ikut dalam seleksi ini layak mengikuti tahapan selanjutnya. Tetapi karena komitmen awal kami hanya akan memilih lima orang, maka kami putuskan yang lebih tinggi kualifikasinya sesuai tujuh syarat yang kami tentukan,” ucapnya.

Tahapan selanjutnya, seleksi bakal calon pendamping Wali Kota Samarinda tersebut akan dilaksanakan di DPP NasDem.  

“Kami akan terlebih dulu membawa lima orang ini di DPP NasDem. Setelah itu mereka akan dipanggil,” ungkap Jeannette.  

Dalam seleksi lanjutan yang akan melibatkan tim tujuh dari Partai NasDem, kelima nama yang lolos bakal diuji dari berbagai aspek. Tim tujuh akan menguji lebih detail terkait kemampuan politik.  Salah satunya bagaimana calon yang diusulkan nantinya mampu membangun komunikasi dengan walikota (political chemistry).(*)

 

Add Comment