a

Targetkan 60% Suara di Kuningan Ridwan Kamil Jadikan Pariwisata Program Unggulan

Targetkan 60% Suara di Kuningan Ridwan Kamil Jadikan Pariwisata Program Unggulan

KUNINGAN, (27 Maret): Calon Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai NasDem, Ridwan Kamil, menargetkan meraih 60 suara persen di Kabupaten Kuningan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Kuningan menjadi salah satu daerah potensial bagi pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum untuk memenangkan pesta demokrasi di tanah pasundan.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini telah beberapa kali kunjungan ke Kuningan. Respons masyarakat pun cukup besar. Terlebih, basis simpatisan dari empat partai pengusung kuat di kota kuda.

"Kalau bisa mah dapat 60 persen. Karena hasilnya (survei) bagus," kata Emil berkampanye di Kuningan, Minggu (25/3).  

Oleh karenanya, Ridwan Kamil memberikan perhatian khusus ke potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan. Bahkan pariwisata akan menjadi program unggulan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dalam tiga tahun pertama.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, Kuningan memiliki potensi wisata yang besar untuk bisa menarik wisatawan. Baik domestik maupun asing. Namun, Emil menilai Kuningan masih belum maksimal menarik perhatian wisatawan. Di antaranya objek wisata alam Sukageri di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Kita akan membangun pariwisata sebagai cara ekonomi paling cepat, paling murah dan paling mudah untuk meningkatkan ekonomi lokal, maka kawasan ini harus dikembangkan lebih jauh," kata Emil di wisata alam Sukageri, Senin, (26/3).

Emil optimistis mengembangkan pariwisata di Kuningan. Terlebih Kuningan, lanjutnya, memiliki modal karena dekat dengan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka.

"Karena Kuningan ini nanti akan kami prioritaskan sebagai salah satu kabupaten pariwisata yang berbasis pertanian dan alam. Keunggulannya adalah, bandara yang belum selesai itu, jarak dan koneksi," beber Emil.

Emil pun langsung membuat sketa untuk revitalisasi di wisata alam Sukageri secara spontan. Dengan menghadap pemandangan ke kaki Gunung Ceremai, Emil begitu serius membuat sketsa wisata alam itu.

"Saya profesi dasarnya sebagai arsitek, suka ateul (gatal) kalau melihat sesuatu dan punya cita-cita. Jadi saya membuat sketsa untuk tempat wisata ini agar nanti suatu hari bisa diwujudkan dan keren," paparnya.

Emil yakin ekonomi warga sekitar meningkat jika tempat wisata di Kuningan dipoles. Emil ingin pengelola wisata tersebut yakni BUMDes menggandeng dan mengedepankan warga lokal.

"Dikelola bukan oleh investor dari mana-mana, tapi dari BUMDes-nya harus bisa mengelola sebagai rekan mayoritas dalam mengurusi ini. Sehingga nanti kesejahteraan keuntungannya mayoritas untuk warga lokal," pungkas Emil.(*)

Add Comment