a

Ridwan Kamil Ingin Warga Depok Punya Situ yang Keren

Ridwan Kamil Ingin Warga Depok Punya Situ yang Keren

DEPOK, (11 Maret): Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usungan Partai NasDem, diam-diam menaruh hati dengan Kota Depok yang memiliki banyak situ. Tapi, Ridwan Kamil juga harus kuat menahan sakitnya rasa kecewa lantaran situ di Depok kondisinya tidak terawat bahkan tercemar.

Menurut Ridwan Kamil, dengan memiliki sekitar dua puluhan situ, kota Depok harusnya mampu mengelola potensi yang luar biasa itu untuk membuat warganya bahagia.

“Bahkan airnya tercemar limbah pabrik. Padahal kalau ditata dengan baik akan menjadi potensi wisata menarik di Depok,” kata Ridwan Kamil saat berkunjung ke Situ Rawa Kalong, Depok, Sabtu (10/3).

Dalam rangkaian kunjungannya ke kota Depok itu Ridwan Kamil menyempatkan diri untuk melakukan observasi di Situ Rawa Kalong yang merupakan salah satu situ dari sekitar dua puluhan situ yang ada di kota Depok.

Melihat kondisi situ yang sangat tidak terawat, Ridwan Kamil segera mengambil kertas dan bolpoin sambil menggambar sketsa Setu Rawa Kalong yang ciamik. Rancangan itu rencananya akan diwujudkannya setelah terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat yang digelar 27 Juni mendatang demi membuat warga Depok bahagia.

"Situ Rawa Kalong itu multi fungsi. Nanti bisa dibuatkan jogging track, ada zona untuk teater. Ada wisata perahu yang bisa diciptakan khusus. Dengan kombinasi itu saya yakin ini akan jadi hits dan instagramable," jelas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil melanjutkan, jika situ saat ini bukan lagi sebatas kehidupan air dan perikanan saja, melainkan juga ada unsur pariwisata, pendidikan dan aspek sosial lainnya termasuk ekonomi. Melalui situ yang keren Ridwan Kamil juga ingin perekonomian masyarakat Depok bisa meningkat.

"Penataan ini tujuannya agar warga bahagia sekaligus dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar, karena ada pelibatan masyarakat dalam memberdayakan ekonomi,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga mengisyaratkan untuk membuat mediasi dan kerja bersama dengan para pelaku usaha dan pegiat lingkungan di kota Depok untuk saling menguatkan dalam menjaga situ agar jauh dari kerusakan.

"Saya yakin ekonomi lokal meningkat dan menegakkan aturan sehingga tidak ada lagi yang mengotori situ," pungkas Ridwan Kamil.(*)

Add Comment