a

Rakyat Harus Ikut Jadi 'Saksi'

Rakyat Harus Ikut Jadi 'Saksi'

DENPASAR, (5 Februari): Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2018  sangat strategis untuk kemajuan Bali ke depan. Karena itu ajang demokrasi ini harus dikawal dengan baik sehingga melahirkan pemimpin yang bersih dan betul-betul menjadi keinginan dan dicintai rakyat.

“Karena itu semua komponen harus ikut terlibat dalam pilgub ini, mulai pencoblosan hingga mengawal penghitungan suara agar suara rakyat betul-betul tersalur sesuai pilihannya,’’ ujar Ketua DPW Partai NasDem Bali IB Oka Gunastawa, Sabtu (3/2) di Kantor Sekretariat DPW NasDem Bali saat ditanya terkait perkembangan Posko Pengaduan yang didirikan untuk menampung aspirasi rakyat.

Melihat  strategisnya Bali maka dalam pilgub menurutnya akan sangat rentan terjadi kecurangan-kecurangan. Untuk meminimalisir hal itu maka semua komponen masyarakat harus ikut berpartisipasi baik dalam menggunakan hak pilihnya saat mencoblos maupun saat pengawasan penghitungan suara. Untuk itu menurut Oka Gunastawa selain kehadiran petugas di TPS, pihaknya memandang perlu dukungan warga untuk ikut membantu pengawasan proses pemilihan hingga penghitungan suara.

“Kehadiran warga cukup sebatas memantau,” tegas Oka Gunastawa.

Terkait itu pula pihaknya berencana membentuk semacam sistem Saksi Semesta, bahwa masyarakat usai memilih tetap berada di sekitar TPS untuk ikut melakukan pengawasan jalannya penghitungan suara.  Sebab ini yang dinilai sangat penting dan menentukan agar suara rakyat ini benar-benar tepat sesuai pilihannya.

”Kita tak ingin sampai terjadi ada penyimpangan. Pilgub ini harus berjalan jujur dan bersih sehingga menghasilkan pemimpin yang sesuai harapan rakyat,” tambahnya.

Oka Gunastawa mengingatkan kehadiran Saksi Semesta ini bukan karena ketidakpercayaan kepada petugas, namun lebih pada dukungan dan partisipasi sebagai masyarakat yang mengharapkan lahir pemimpin yang menjadi pilihannya.

Ditanya soal laporan atau informasi yang masuk dari warga terkait telah dibentuknya Posko Pengaduan untuk Pilgub Bali, Oka Gunastawa mengatakan masih dalam pendataan. Namun diakui ada sejumlah informasi yang diterima terutama melakui medsos terkait tahapan pilgub yang tengah berjalan saat ini.

"Kita berharap bagaimana Pilgub bisa berjalan dengan jujur dan rakyat menyalurkan asprasinya tanpa ada paksaan atau tekanan-tekanan," tegasnya.

Karena siapapun yang terpilih nantinya itulah pemimpin Bali yang harus didukung semua rakyat Bali. Karena itu biarkan apa yang menjadi aspirasi rakyat itu mengalir, jangan dihambat atau dintervensi. (NasDem Bali/*)

Add Comment