a

Verifikasi Faktual Wujud Partai Politik Modern

Verifikasi Faktual Wujud Partai Politik Modern

JAKARTA, (20 Januari): Partai NasDem mendukung putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan uji materi tentang verifikasi partai politik. Dengan adanya putusan tersebut, seluruh partai peserta Pemilu 2019 wajib diverifikasi.

"NasDem mendukung penuh putusan MK," ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Bidang Hukum, Advokasi dan HAM Taufik Basari dalam diskusi bertajuk 'Pro Kontra Verifikasi Faktual Parpol' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/1).

Lebih tegas Taufik mengatakan, verifikasi faktual partai politik harus dilakukan sebagai upaya mewujudkan partai politik modern. Verifikasi juga harus dilakukan dalam rangka menguji keseriusan pengurus dalam mengelola partainya. Taufik mengibaratkan pengelolaan partai politik seperti mengelola negara. Harus serius, terbuka, dan profesional.

"Kalau mengelola partai saja tidak profesional, bagaimana mengelola negara," tandas Taufik.

Taufik juga menegaskan bahwa sudah jauh-jauh hari NasDem menyiapkan data dan kebutuhan untuk verifikasi faktual partai politik. Bahkan, jauh sebelum putusan MK ini keluar.

"Partai NasDem telah menyiapkan diri untuk melakukan verifikasi faktual. Kami telah diturunkan ke daerah untuk melakukan persiapan," papar Taufik.

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mendukung putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan uji materi Pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Putusan itu berdampak pada seluruh partai politik, termasuk 12 parpol peserta Pemilu 2014, harus mengikuti verifikasi faktual oleh KPU.

Putusan itu tidak hanya berlaku untuk Pemerintah dan DPR selaku penyusun undang-undang, namun juga kepada penyelenggara Pemilu.

Taufik Basari juga mengajak seluruh partai politik untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menghadapi verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurutnya, waktu yang diberikan oleh KPU tidak sebentar apalagi verifikasi dilakukan hingga di tingkat desa. "Kalau dilakukan secara singkat saya ragu dengan kualitasnya," ungkapnya.

Oleh karena itu, NasDem mendukung penuh keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) agar seluruh parpol diaudit.

"Semua harus siap, kita harap seluruh parpol bisa jadi contoh masyarakat untuk menjalankan hukum yang sudah ada," ujar Taufik.(*)

Add Comment