a

Kombinasi Nasionalis-Santri Tangkal Politik Identitas

Kombinasi Nasionalis-Santri Tangkal Politik Identitas

JAKARTA, (8 Januari): Pilkada Serentak Tahap III 2018 diramaikan pasangan kombinasi nasionalis dan santri untuk menghasilkan harmoni sekaligus menangkal siasat politik identitas. Dari banyak calon, sejumlah pasangan merupakan perpaduan dari dua aliran ideologis tersebut. Kombinasi antara nasionalis dan santri antara lain disodorkan Partai NasDem bersama partai politik lain anggota koalisi untuk pilkada di sejumlah daerah.

Untuk pilgub Jawa Barat, misalnya, ada pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Ada pula duet Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimun yang siap berkontestasi di pilgub Jawa Tengah.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan figur-figur yang dipilih itu sejalan dengan langkah restorasi Indonesia, yakni menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

"Kami ingin adanya komplimentari nasionalis dan santri. Kami tidak ingin terjadi politik identitas, tapi kombinasi yang menghasilkan harmoni," kata Johnny seusai menyerahkan surat keputusan dukungan kepada Kang Emil-Uu di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Minggu, (7/1).

Wasekjen Partai NasDem Willy Aditya menambahkan, dipasangkannya Kang Emil dengan Uu merupakan hasil dari kesepakatan dan melalui road show ke para kiai di Jawa Barat.

"Kami inginkan kombinasi nasionalis-santri secara kultural besar di Jabar," Willy

Seusai menerima SK, Ridwan Ka-mil mengungkapkan kebahagiaannya karena mendapat dukungan dari Partai NasDem yang dia anggap konsisten memberikam inspirasi dan contoh nyata. Ia katakan, dari hasil survei, elektabilitas dirinya sangat bagus dan konsisten.

Senada dengan Emil, Ganjar Pranowo juga berterima kasih atas dukungan Partai NasDem.

"Setelah Bu Megawati menyampaikan rekomendasi, saya ke sini. NasDem teman koalisi sejati, PPP juga sudah bersama kami dan ini akan menjadi kemajuan," kata Ganjar.

Ganjar yang nasionalis akan didampingi Taj Yasin Maimun atau Gus Yasin yang santri. Gus Yasin ialah putra ulama karismatik KH Maimun Zubair.(*)

Add Comment