a

Ribuan Warga Iringi Pendaftaran AKHI ke KPU

Ribuan Warga Iringi Pendaftaran AKHI ke KPU

KUDUS, (27 November): Pendaftaran pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018 dari jalur indenden Akhwan-Hadi Sucipto (AKHI) ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) diikuti hampir 2 ribu warga, baikkader maupun simpatisan.

Mereka mengarak pendaftaran AKHI dengan menggunakan sejumlah kendaraan bermotor beserta atribut dukungan lengkap yang dimulai dari kediaman Akhwan di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kudus, Minggu, (27/11).

Balon Bupati Kudus Akhwan mengatakan, pihaknya membawa berkas sebanyak 68.421 dukungan. Jumlah tersebut 150 persen lebih banyak jika dibandingkan syarat minimal dukungan yang ditetapkan KPU Kudus, yakni 45.323.

"Jumlah dukungan yang kami kumpulkan telah tersebar di sembilan kecamatan serta hampir di seluruh desa yang ada di Kabupaten Kudus," ujar Akhwan, yang juga Ketua DPD NasDem Kudus.

Lebih lanjut Akhwan menjelaskn, pendaftaran dari jalur independen didasari atas gerakan perubahan untuk retorasi Indonesia yang berkaitan dengan stigma masyarakat bahwa partai adalah segala-galanya.

"Saya ingin membuka pikiran masyarakat, meski ketua partai tapi saya memilih jalur independen. Sesuai undang-undang juga dinyatakan ada dua pilihan untuk mendaftar maju di pilkada. Tentu lewat jalur ini lebih mural serta jumlah dukungan lebih riil," ungkapnya.

Ditambahkan Akhwan, terkait adanya kemungkinan E-KTP ganda yang disebabkan pengumpulan dukungan balon independen lainnya, pihaknya mengaku telah melakukan komunikasi dengan balon lain untuk mengantisipasi adanya kejadian tersebut.

 

Ketua KPU Kudus Moh Khanafi mengatakan, jumlah berkas yang diterima pihaknya telah sesuai dengan data yang ada di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Namun, dari jumlah tersebut pihaknya akan melakukan verifikasi dan perhitungan satu persatu terkait persebaran dukungan.

"Setelah dihitung dan dinyatakan sesuai, balon akan mendapatkan berita acara sebagai bukti resmi pendaftarannya," ungkap Khanafi.

Dikatakan Khanafi, saat ini telah ada dua nama balon yang mendaftar. Selain pasangan Akhi yakni Noor Hartoyo dan Junaidi (Harjuna) yang mendapatkan hasil sebanyak 51.519 dukungan.

"Karena pendaftaran kami buka sampai Rabu (29/11) mendatang, kemungkinan masih ada balon lain yang akan mendaftar. Verifikasi administrasi kami lakukan sampai 9 Desember yang selanjutkan akan dilakukan verifikasi faktual melalui sensus," pungkasnya.(*)

Add Comment