a

Komisi Saksi NasDem Hindari Kecolongan Suara di Pilkada

Komisi Saksi NasDem Hindari Kecolongan Suara di Pilkada

PALEMBANG, (27 November): Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahap III, Partai NasDem tengah menyiapkan infrastruktur partai, salah satunya dengan membentuk Komisi Saksi Nasional (KSN). Untuk mennyukseskan program tersebut, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem Sumatera Selatan (Sumsel) melantik Ketua Komisi Saksi wilayah Sumsel yang diketuai Eddy Rianto.

Ketua KSN Pusat, I Gusti Putu Artha mengatakan, NasDem sangat siap menghadapi tahun politik 2018 dan 2019 mendatang. Salah satunya membentuk KSN di setiap wilayah termasuk di Sumsel.

Dipaparkan Putu, KSN akan bertugas menjalankan 7 fungsi strategis pengawasan yaitu, fungsi monitoring parpol, pendidikan para pemilih NasDem, penggalangan suara, pemetaan pemilih, mencegah pelanggaran, pengawalan pemungutan hingga penghitungan suara serta memastikan kesiapan alat bukti yang dibutuhkan untuk sengketa pemilu.

"Saksi ini merupakan kopasusnya partai dalam mencegah pelanggaran. Begitu vital fungsi KSN ini," ujar Putu Artha disela Pelantikan, Rakernas dan Training Of Trainers (TOT) Komisi Saksi NasDem Provinsi Sumsel, di Hotel Emilia, Palembang, Sabtu (25/11).

Lebih jauh dikatakan Putu, KSN yang bertugas mengawasi jalannya pilkada serentak tahun depan segera terbentuk pada Maret mendatang, sementara untuk KSN di pemilu 2019 ditarget terbentuk Juni 2018 mendatang.  Diakuinya potensi kecurangan di setiap tahapan pilkada selalu saja terjadi hampir di semua tahapan, untuk itu dia mengingatkan kepada KSN untuk tetap disiplin dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Ketua DPW NasDem Sumsel, Syahrial Oesman mengatakan tak mau lagi kecolongan seperti pemilu sebelumnya yang banyak mengalami kehilangan suara akibat kelengahan saksi yang tidak terkoordinir.

"Saksi jangan lengah, apalagi saat penghitungan suara, jangan tidur. Nanti saat penghitungan suara dibagikan makan langsung bederub (berebutan)," ujar Syahrial.

Ketua KSN Wilayah Sumsel, Eddy Rianto yang baru saja dilantik menegaskan siap mengawal jalannya pilkada serentak di Sumsel.

"Jangan sampai lengah, karena kalau lengah dikit kito kelebu," pungkas Eddy yang juga anggota DPRD Sumsel ini.

Eddy mengingatkan kepada KSN kabupaten/kota hingga di tingkat TPS untuk selalu disiplin dalam menjalankan tugasnya.(*) 

Add Comment