a

NasDem Lampung Bantu Korban Puting Beliung

NasDem Lampung Bantu Korban Puting Beliung

LAMPUNG, (18 November): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem dan Garda Wanita (Garnita) Malahayati Lampung memberikan bantuan kepada korban puting beliung di Desa Sumberejo, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Jumat (17/11).

Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan pokok, susu, dan biskuit balita, serta pakaian layak pakai yang dihimpun dari pengurus dan kader NasDem Lampung.

Wakil Ketua Bidang Perempuan, Anak, dan Kesehatan DPW NasDem Lampung, Vony Renita, menjelaskan, selain menyampaikan bantuan, pihaknya juga akan melakukan survei terkait jenis bantuan yang paling dibutuhkan oleh korban.

"Ini bantuan tahap pertama sekaligus need assessment (analisis kebutuhan) untuk tahu apa kebutuhan dasar dan mendesak dari korban. Agar bantuan tahap berikutnya sesuai kebutuhan," ujar Vony selepas menyerahkan bantuan.

Sekretaris Desa Sumberejo, Trio Putra Candra, menyampaikan apresiasi kepada NasDem serta pihak lain yang telah memberikan bantuan kepada warga. Menurut Trio, bantuan yang paling dibutuhkan warga atas bencana alam itu terutama ialah bahan bangunan seperti papan, asbes, semen, bata, pasir, dan lainnya.

Sambil berusaha dan menunggu bantuan, 11 warga yang rumahnya roboh untuk sementara tinggal di rumah saudara atau tetangga mereka.

Menyadari tidak semua warga bisa memperoleh bantuan, Trio pun menyusun skala prioritas dalam membagikan bantuan.

"Bantuan ini meringankan beban warga kami. Namanya bantuan, pasti tidak semua bisa kita bagi. Kami rekap skala prioritas untuk menentukan siapa yang harus lebih dulu dibantu, khususnya yang paling rusak parah rumahnya," ujarnya.

Selain rumah warga, Trio menjelaskan ada 3.000 ekor ayam milik warga yang mati akibat puting beliung dengan kerugian yang diderita sekitar Rp240 juta. Sementara total kerugian yang dialami warga masih tahap pendataan.(*)

Add Comment