a

Hadapi Pemilu, NasDem Siapkan Jutaan Saksi

Hadapi Pemilu, NasDem Siapkan Jutaan Saksi

JAKARTA, (17 November): Menghadapi Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) pada 2019 mendatang, Partai NasDem telah menyiapkan Komisi Saksi NasDem (KSN) dengan jumlah personil 1,4 juta orang. Anggota KSN akan bertugas untuk mengawal proses Pemilu yang akan dilaksanakan secara serentak tersebut. 

"Hari ini kita akan menyaksikan kesiapan dari kader yg dipersiapkan untuk jadi anggota KSN yang akan direkrut sebanyak 1,4 juta orang dalam Pemilu 2019 yang akan datang," ujar Surya dalam acara apel Wisuda Akademi Bela Negara (ABN) serta apel kesiapan KSN di Jiexpo Kemayoran Jakarta, Jumat (17/11). 

Dalam kesempatan tersebut, sedikitnya hadir 35.000 KSN turut memeriahkan apel penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 NasDem. Pada Pemilu 2019 mendatang, NasDem menargetkan untuk menang di posisi 3 besar. 

"Akan ada 700.000 TPS pada Pemilu mendatang, NasDem memang secara khusus membentuk 1,4 juta saksi di KSN untuk mengawal semua TPS," jelasnya.  

Menambahkan, Ketua KSN I Gusti Putu Artha menjelaskan tujuan lain pembentukan KSN adalah untuk memperdalam peran saksi bagi NasDem. Para personil KSN akan bertugas menjalankan 7 fungsi strategis pengawasan yaitu, fungsi monitoring Parpol, pendidikan para pemilih NasDem, penggalangan suara, pemetaan pemilih, mencegah pelanggaran, pengawalan pemungutan hingga penghitungan suara, serta memastikan kesiapan alat bukti yang dibutuhkan untuk sengketa Pemilu. 

"NasDem ingin memperdalam peran saksi yang selama ini hanya bertugas hanya saat proses pemungutan suara saja," tutur Putu yang juga mantan Komisioner KPU RI. 

Putu melanjutkan, Setelah usainya Rakerans, Nasdem menargetkan semua saksi untuk pilkada serentak 2018 sudah siap pada bulan Februari mendatang. Sedangkan untuk Pemilu 2019, target NasDem berada di bulan April. (Uta/*)

Add Comment