a

Ridwan Kamil Berpeluang Lebih Besar dari Calon Lain

Ridwan Kamil Berpeluang Lebih Besar dari Calon Lain

BANDUNG, (4 November):  Survei yang dilakukan oleh Indo Barometer menyebutkan Ridwal Kamil (Kang Emil) memiliki peluang lebih besar ketimbang calon lain di pemilihan gubernur Jawa Barat 2018 mendatang.

"Hal ini berdasarkan tingkat elektabilitas dari berbagai variasi simulasi jika dibanding dengan kandidat lainnya," kata Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli, dalam jumpa pers Peta dan Profil Calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 di Bandung, Jumat, (3/11).

Namun, menurut Hadi, pilgub Jawa Barat 2018 masih dinamis mengingat pelaksanaan pilkada masih Juni 2018.

"Terlebih, jika setiap calon telah mendapatkan tiket resmi dari partai politik, tidak menutup kemungkinan peta dukungan akan berubah," katanya.

Menurut dia, elektabilitas Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi dalam survei tersebut naik, sedangkan elektabilitas Deddy Mizwar malah turun.

"Emil elektabilitasnya di atas 40% selisihnya hampir 20% ketimbang calon yang lainnya," kata dia.

Hadi mengatakan survei dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 hingga 15 Oktober 2017 dengan jumlah responden sebanyak 800 orang dengan margin of error kurang lebih 3.46% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dari enam variasi simulasi dengan empat nama dan responden diberikan pertanyaan tertutup) diketahui hasil pilihan calon gubernur Jawa Barat sebagai berikut.

Hasil yang pertama ialah Ridwan Kamil (43,8%). Dedi Mulyadi (19,6%), Deddy Mizwar (17,1%) dan Dede Yusuf (4%) dan sisanya rahasia/beIum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.

Hasil yang kedua ialah Ridwan Kamil (45,1%). Dedi Mulyadi (18,9%), Deddy Mizwar (17,6%) dan Rieke Diah Pitaloka (1,6%) dan Sisanya tidak akan memiIih/rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.

Hasil yang ketiga ialah Ridwan Kamil (43,9%), Dedi Mulyadi (19,1%), Deddy Mizwar (17,3%) dan Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym (3%) dan sisanya rahasia/belum bemutuskan/tidak tahu/tidak jawab.

Hasil yang keempat dan keenam pun Ridwal Kamil tetap unggul.

Ada tiga alasan keunggulan Ridwan Kamil dibandingkan calon lainnya, yakni pertama Ridwan Kamil sudah dikenal dan paling disukai, kedua Ridwan Kamil unggul dalam evaluasi kepribadian dan kemampuan dan yang ketiga Ridwan Kamil sesuai dengan selera (alasan) masyarakat Jawa Barat dalam memilih calon gubernur.(*)

Add Comment