a

Legislator NasDem ikut Resmikan Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Pangkalan Bun

Legislator NasDem ikut Resmikan Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Pangkalan Bun

KOTAWARINGIN BARAT, (4 November):  Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) cukup berbangga. Bumi Marunting Batu Aji kembali dikenal dengan berdirinya karantina hewan. Tak tanggung-tanggung, karantina hewan yang dibanggakan itu diklaim terbesar se-Indonesia yang telah beroperasi.

Menurut Kepala Karantina Pertanian, Banun Harpini, ada beberapa instalasi karantina hewan yang dibangun, di beberapa daerah di Indonesia seperti di Jayapura, Balikpapan.

"Totalnya ada tujuh instalasi yang sudah dibangun dan yang pertama hanya di Desa Kapitan, Kabupaten Kobar saja yang terbesar dan sudah beroperasi,” kata Banun Harpini yang pertama kali berkunjung ke Kobar untuk meresmikan Instalasi Karantina Hewan (IKH) Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat (3/11).

Menurutnya, memang di Balikpapan, Kalimantan Timur juga ada fasilitas serupa yang terbilang besar. Tetapi IKH di Kaltim itu masih dalam tahap penyelesaian dan belum bisa digunakan.

“Hanya karantina di Pangkalan Bun saja yang bisa dipakai,” ucapnya.

Banun menyebut IKH Pangkalan Bun memang harus sudah beroperasi karena di wilayah Kotawaringin Barat sudah ada integrasi sapi-sawit.

“Juga mempunyai lahan perkebunan yang cukup luas,” imbuhnya.

Anggota DPR RI Komisi IV, Hamdhani mengatakan, karantina ini banyak fungsinya untuk menangkal penyakit-penyakit yang masuk melalui daerah-daerah rawan.

“Jadi tiap sapi yang masuk harus melalui proses karantina, jangan sampai penyakit-penyakit yang dibawa hewan dari berbagai negara masuk ke wilayah kita menyebar. Apabila sapi melalui karantina nilai ekonomisnya pun pasti bagus."(*)

Add Comment