a

Elektabilitas Emil Paling Tinggi di Jabar

Elektabilitas Emil Paling Tinggi di Jabar

JAKARTA, (2 November): Ridwan Kamil (Emil) memiliki potensi paling besar untuk memenangkan Pilkada Jawa Barat (Jabar) tahun depan. Berdasarkan hasil survey Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada akhir September hingga Oktober 2017, elektabilitas Emil konsisten berada di urutan teratas.

"Dukungan kepadanya berkisar 16,8-64% paling unggul di antara tokoh-tokoh yang ada di Jawa Barat," ujar Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan di Jakarta, Kamis (2/12).

Dalam melakukan surveinya, SMRC menggunakan 3 metode simulasi yaitu spontan, semi terbuka, hingga tertutup 2 nama. Keunggulan Emil paling nyata terlihat dalam metode simulasi terbuka yang mencapai 34,1%. Diikuti Deddy Mizwar 15,5%, Dede Yusuf 9,9%, AA Gym 6%, dan Dedi Mulyadi 5,6%.

"Dari segi tingkat kesukaan Ridwan Kamil juga memperoleh angka tertinggi, dari 77% warga yang mengenalnya 92% menyukainya," tutur Djayadi.

Ketua DPW Partai NasDem Jabar Saan Mustopa mengungkapkan Partai NasDem hingga saat ini akan terus berupaya meningkatkan elektabilitas Emil yang masih rendah di beberapa daerah Jawa Barat. NasDem memiliki beberapa hasil survei daerah-daerah mana saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan Emil.

"Kita akan memperkuat Emil di daerah-daerah yang elektabilitas masih rendah di Jawa Barat," jelas Saan.

Lebih jauh Saan melanjutkan, NasDem juga akan menggunakan infrastruktur partai pendukung Emil untuk terus meningkatkan elektabilitas Emil. Tidak hanya kekuatan partai pendukung, Saan melanjutkan Emil masih memikiki basis dukungan dari kalangan relawan yang bisa semakin memaksimalkan elektabilitas Emil dalam Pilgub Jabar.

"Masing-masing partai dan para relawan diyakini bisa menjajakan Emil di daerah-daerah yang tingkat elektabilitasnya belum tinggi," paparnya. (Uta/*)

Add Comment