a

Digital Strategy NasDem Gelar Pelatihan Perang Sosmed  

Digital Strategy NasDem Gelar Pelatihan Perang Sosmed  

JAKARTA, (1 Oktober): Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menggelar workshop (pelatihan) tentang media sosial, di Auditorium Kantor DPP Partai NasDem, Jl RP Suroso, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9). Pelatihan ini diikuti fungsionaris partai mulai dari Dewan Pimpinan Daerah (DPW) NasDem DKI Jakarta, Fraksi NasDem DPR-RI, Garda Pemuda NasDem, Garnita Malahayati NasDem, Gemuruh NasDem, Petani NasDem serta beberapa mahasiswa ABN NasDem. Pelatihan ini merupakan bagian dari strategi NasDem dalam memenangkan pertarungan di kancah dunia maya.

""

""Ketua DPP NasDem Bidang Media dan Komunikasi Publik Willy Aditya mengatakan, saat ini zaman sudah berubah, media sosial turut menentukan dalam kontestasi politik. Hal itu ditandai saat Barack Obama mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat. Sementara di Indonesia terjadi ketika Pilgub DKI, tepatnya ketika Jokowi-Ahok mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta, peran media sosial menjadi elemen baru dalam berpolitik.

“Ada dua kompetisi yang hampir sama, terakhir adalah Donald Trump. Artinya ini bukan hanya media sosial, tetapi dark sosial, platformnya sudah bergeser, orang sudah tidak lagi menggunakan twitter, tetapi menggunakan WA, messenger, line, dan orang percaya pada apa yang diyakini,” papar Willy Aditya.

"" ""

Dalam pelatihan tersebut, peserta mendapat pembekalan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial (medsos) untuk mensosialisasikan kegiatan dan program-program partai, baik di tingkat pusat (DPP), wilayah (DPW), daerah (DPD) hingga tingkat Cabang (DPC) maupun ranting (DPRt).

"" ""

Beberapa ekspertis di bidangnya diundang untuk memberikan pelatihan dalam workshop media sosial angkatan pertama tersebut. Mulai dari aktivis medsos, seperti Honey Anissa, Hariadhi, dan Syafiq Pontoh. Selain itu, para peserta juga mendapatkan pelatihan bagaimana menulis berita yang baik menggunakan prinsip 5W+1 H oleh wartawan senior dari Media Indonesia, Gantyo Koespradono.

""""

Setelah mengikuti pelatihan tersebut, diharapkan peserta bisa menyampaikan aktifitas dan kegiatan partai di segala tingkatan dalam berbagai bentuk.  Mulai dari twitter, facebook, naskah berita, meme bahkan sampai pada penulisan opini.

“Ini merupakan workshop angkatan pertama sekaligus uji coba tim Digital Strategic dalam mensosialisasikan dan membentuk war team sosmed NasDem. Jika ini berhasil dengan baik, rencananya workshop seperti ini akan dilakukan di seluruh DPW NasDem,” ujar Martin Manurung dalam sambutan penutupan acara tersebut.(FM/*)

Add Comment