a

NasDem Yakin Perppu Ormas Lolos di DPR

NasDem Yakin Perppu Ormas Lolos di DPR

JAKARTA (27 Agustus): Wakil Ketua Fraksi NasDem di DPR RI Johnny G Plate mengatakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) penting untuk menjaga ideologi Pancasila dan UUD 1945. Untuk itu, ia mengatakan Perppu tersebut seharusnya disetujui oleh fraksi-fraksi di DPR.

"Perppu ini penting untuk menjaga Pancasila dan UUD 1945," kata Johnny saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (27/8).

Meskipun Perppu Ormas belum masuk tahap pembahasan di Komisi II, Johnny meyakini Perppu tersebut akan disetujui menjadi Undang-Undang. Pasalnya, ia menyebut mayoritas fraksi mendukung persetujuan Perppu Ormas, seperti Fraksi Golkar, PDI Perjuangan, PKB, PPP dan Hanura.

"Kami yakin Perppu ini akan disahkan menjadi UU, karena mayoritas fraksi mendukung perppu ini. Tidak saja karena mayoritas, tapi karena merasa pentingnya Perppu Ormas untuk menjaga ideologi dan konstitusi negara," terangnya.

Bagi fraksi yang menolak terbitnya Perppu Ormas, Johnny meminta agar mereka memberikan alasan yang substansial ketimbang alasan yang bersifat teknis dan administratif.

"Perppu ini untuk menjaga keberlanjutan negara. Kalau rekan yang lain merasa Perppu ini tidak relevan, mereka harus buktikan," ucapnya.

Lebih jauh Johnny mengatakan, fraksi NasDem mendukung persetujuan Perppu tersebut. Jika Perppu tersebut tidak disetujui, maka akan ada banyak ormas yang bisa mengancam Pancasila dan UUD 1945.(*)

Add Comment