a

Ahmad Ali Penuhi Aspirasi Petani

Ahmad Ali Penuhi Aspirasi Petani

TOLI-TOLI, SULTENG (5 Agustus): Anggota Komisi III DPR RI Ahmad M Ali memenuhi aspirasi petani Kecamatan Galang mengunjungi bendungan Tinigi yang rusak pasca banjir Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat, (04/08).

Ahmad M Ali didampingi anggota DPRD Provinsi Dapil Buol Tolitoli, Yahdi Basma langsung ke lokasi didampingi petani setempat.

""

Ahmad Ali menyampaikan bahwa sebenarnya dirinya sebagai anggota Komisi III tidak bisa mengurusi secara langsung aspirasi masyarakat karena berada dalam ranah komisi V. Tetapi, semua bisa saja diusahakan melalui komunikasi melalui Fraksi NasDem untuk menjembatani kepentingan masyarakat. Sepanjang ada usulan tertulis dari masyarakat.

"Kita akan coba komunikasikan hal ini via Fraksi NasDem DPR RI sepanjang ada usulan tertulis dari masyarakat. Agar prosesnya memiliki argumentasi yang kuat," ujar Ketua DPW NasDem Sulteng tersebut.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Yahdi Basma menyebut bahwa kerusakan bendungan ini terjadi akibat proses erosi banjir bandang.

""

"Laporan masyarakat pada kami menyebut bahwa kerusakan irigasi terjadi akibat proses galian C dihilir yang mengeruk sungai. Terjadi pergeseran material," ujar Yahdi.

Olehnya Yahdi berharap, ada evaluasi menyeluruh pengelolaan sungai di Desa Tinigi Kecamatan Galang. Sehingga ke depan tata kelola lingkungan sinergis dengan agenda pembangunan secara menyeluruh.

Bendungan Tinigi dibangun tahun 2010 melalui alokasi dana APBN. Aliran sungai dari bendungan tersebut mengairi sawah dengan luas fungsional 1449 hektar luas baku 1621 hektar.(*)

Add Comment