a

Hamdhani Siap Bantu Bibit Kelapa Darat

Hamdhani Siap Bantu Bibit Kelapa Darat

KOTAWARINGIN TIMUR, KALTENG (5 Agustus): Anggota DPR RI H Hamdhani SIP MSos siap menyalurkan bantuan bibit kelapa darat kepada petani di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah. Tak kurang dari 400 hektare di dua kabupaten tersebut bakal tertanam pohon kelapa.

Hamdhani merinci bantuan tersebut bakal diserahkan kepada petani di Desa Serambut Kecamatan Pulau Hanaut untuk areal seluas 175 hektare dan Desa Babirah Kecamatan Pulau hanaut seluas 25 hektare di Kabupaten Kotawaringin Timur.

""

Sedangkan di wilayah Kobar, bantuan tersebut diserahkan untuk Desa Kubu Kecamatan Kumai 74 ha, Desa Teluk Bogam Kecamatan Kumai 90 ha, Desa Bakau  Kecamatan Kumai 20 ha dan Desa Sungai Umbang di Kecamatan Kumai seluas 16 ha.

"Tentu ini hasil dari serap aspirasi beberapa waktu lalu. Dan ini akan segera direalisasikan,” ujar Hamdhani.

Lebih jauh politisi NasDem ini juga mengatakan, buah kelapa merupakan buah yang sangat berguna untuk menunjang kehidupan seluruh umat manusia. Ini tidak mengherankan, karena semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan kita sehari-hari. Daun buah kelapa dapat digunakan untuk membuat ketupat, Lidi dan seratnya kelapa dapat dibuat sapu, pelepah dan batangnya untuk kayu bakar serta buah dan kandungan air dalam buah kelapa sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh anda. "Banyak sekali manfaatnya. Termasuk meningkatkan pendapatan para petani,"  tambah Hamdhani.

Legislator asal Dapil Kalteng tersebut menerangkan, pohon kelapa dapat tumbuh subur di sekitar pesisir pantai serta daerah yang beriklim tropis. Karena itu, bantuan ini diberikan kepada para petani yang berada di wilayah pesisir pantai.

Dengan adanya bantuan ini Hamdhani berharap, bantuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya para petani. Dia juga meminta, kelak para penerima bantuan harus menanamkan bantuan bibit kelapa tersebut.

"Kita kan sudah banyak yang menanam kelapa, apalagi di wilayah Sampit. Jika ini terus digalakan. Mudah-mudahan bisa menjadi komoditas unggulan lainnya yang dimiliki Kalteng di masa depan." (RO/*)

Add Comment