a

Menggagas Atraksi Budaya Populer dengan Pacuan Kuda

Menggagas Atraksi Budaya Populer dengan Pacuan Kuda

KAMBERA, NTT (31 Juli): Indonesia dengan geografis negara kepulauan, memiliki keragaman budaya dan tradisi. Saat ini, banyak sekali budaya lokal yang terkikis oleh gerak modernitas, padahal, budaya dan tradisi merupakan salah satu kekayaan dan aset bangsa yang harus terus dijaga dan dilestarikan.

""

Hal tersebut disampaikan Viktor Bungtilu Laiskodat saat membuka acara Pacuan Kuda Victory Open Tournament 2017, di Lapangan Pacuan Kuda Rihi Eti, Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (28/07).

Komitmen Viktor Bungtilu Laiskodat dalam hal melestarikan tradisi dan budaya, tidak hanya sebatas jargon kosong belaka. Anggota DPR RI dari Dapil NTT 2 ini merupakan pemegang saham utama di Viktory News, salah satu media terbesar di NTT yang menjadi penggagas sekaligus sponsor utama pada event Pacuan Kuda di Sumba Timur ini.

""

“Selain melestarikan budaya, event Pacuan Kuda ini diharapkan akan membantu Pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk menciptakan brand internasional baru. Hal ini untuk mendukung atraksi Pacuan Kuda di Sumba Timur menjadi atraksi budaya populer yang dikenal dunia,” tutur Viktor.

Ketua Fraksi NasDem ini juga menambahkan, saat ini wisata alam di Pulau Sumba telah dikenal oleh dunia, hal ini dibuktikan dengan dinobatkannya salah satu hotel di Pulau Sumba sebagai hotel termahal di dunia. Kedepannya, pariwisata di Pulau Sumba hendaknya tidak hanya sebatas wisata alam saja. Tapi juga ada wisata budaya yang menjadi daya tarik para wisatawan.

""

“Berkembangnya pariwisata, akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, terbukanya lapangan pekerjaan baru untuk komunitas lokal, selain itu, pemerintah daerah juga akan mendapatkan pendapatan dari pajak. Hal tersebut juga menjadi salah satu jalan untuk menyejahterakan masyarakat Sumba,” tambah Viktor.

""

Pacuan Kuda Victory Open Tournament 2017 yang berlangsung dari 28 Juli hingga 5 Agustus mendatang melombakan 12 kelas dan diikuti oleh 450 lebih kuda dari wilayah Sumba Timur, Sumba Tengah, dan Sumba Barat.

Sebelum membuka event Pacuan Kuda, Viktor bersama Jeannette Sudjunadi, Ketua OKK DPP Partai NasDem, menghadiri acara pelantikan DPD dan DPC Partai NasDem se Kabupaten Sumba Timur. Acara pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Sumba Timur, para tokoh Partai Politik, tokoh masyarkat Sumba Timur.(*)

Add Comment