a

Perang Bupati Rebut Tiket Bacagub NasDem Riau

Perang Bupati Rebut Tiket Bacagub NasDem Riau

PEKAN BARU, RIAU (28 Juli): Sedikitnya ada 3 Bupati aktif dan 2 mantan Bupati memperebutkan tiket NasDem Riau untuk memperoleh dukungan Partai NasDem. Ketiga Bupati aktif yang mengembalikan formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati Riau ke Partai NasDem Riau adalah Muhammad Haris (Bupati Pelalawan), Samsuar (Bupati Siak) dan Irwan Nasir (Bupati Meranti). Sementara dua mantan Bupati yang bertarung adalah Muhammad Indra Muchlis Adenan (mantan Bupati Inhil) dan Syamsu Rizal (mantan Bupati Bengkalis).

""

Di luar ke lima Bupati dan mantan Bupati itu, masih ada lima bakal calon lain yang datang dari berbagai profesi.  Mereka adalah Muhammad Lukman Edy (anggota DPR RI), Arsyadjuliandi Rachman (Gubernur Riau), Edi Tanjung (anggota DPR RI), Insyiahwati Ayus (anggota DPD RI asal Riau) dan Zaeni Ismail (mantan Sekda Provinsi Riau).

Jika ditotal, ada 10 bakal calon gubernur yang telah mendaftarkan diri di Kantor DPW NasDem Provinsi Riau. Sepuluh pelamar itu telah mengembalikan formulir pendaftaran.

"Tim penjaringan langsung melakukan verifikasi," kata Sekretaris DPW NasDem Provinsi Riau, Fuady Noor di Kantor DPW Nasdem Riau Jl Diponegoro, Kota Pekanbaru, Kamis, (27/07).

""

Nama-nama itu akan dilihat tingkat elektabilitasnya oleh lembaga survei yang bekerja sama dengan NasDem. Lembaga survei tersebut, yakni Indo Barometer, Indikator, Charta Politika, MRC, Pusdeham, dan Indo Riset Konsultan.

"Hasil survei akan diberikan ke kami. Selanjutnya kami pelajari," urainya.

Fuady mengatakan, Partai NasDem intens menjalin komunikasi politik dengan pimpinan partai lain di Riau. Perlu diketahui NasDem hanya punya tiga kursi di DPRD Riau. Sementara syarat untuk mengajukan calon gubernur di Pilgub 2018 minimal memiliki 13 kursi.

"Pengalaman kami di pilkada sudah tidak diragukan, termasuk dalam hal koalisi. Pada Pilkada Serentak 2015, dari 8 pilkada di Riau, 7 di antaranya berhasil dimenangi NasDem bersama partai koalisi," jelas Fuady.

Sedangkan pada Pilkada Serentak 2017, yakni Pilkada Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, NasDem dan partai koalisi memenangi pilkada Kampar.

"Makanya tak heran bila banyak bakal calon Rubernur Riau meminang Partai Nasdem untuk maju di Pilgub mendatang," ujarnya. (*)

Add Comment