a

NasDem Peduli Pelaku Seni

NasDem Peduli Pelaku Seni

BANYUWANGI, JATIM (2 Juli): Penari Gandrung senior Banyuwangi, Kusniah, dikunjungi Ketua DPW NasDem Jawa Timur, Dr. H. Rendra Kresna, Sabtu (01/07).

Bupati Malang itu didampingi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Banyuwangi, Ir H Supriyadi beserta fungsionaris DPD NasDem Banyuwangi. Pada kesempatan tersebut, NasDem mengantar langsung bantuan ke rumah legenda gandrung, di Dusun Krajan, Desa Kabat, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi.

Kusniah yang mulai menua itu langsung berdiri dan menyambut saat melihat kedatangan Rendra, yang datang beserta kader NasDem Bumi Blambangan.

""

Dengan langkah gontai, wanita kelahiran 1951 itu melangkah dengan sedikit sempoyongan, dia menyalami dan mempersilahkan masuk. Sesekali tanganya mengusap keriput di pipi yang dibasahi air mata tanda terharu.

“Monggo semuanya masuk, maaf rumahnya tidak bagus,” sapa Kusniah mempersilahkan.

Melihat kondisi kehidupan hari tua Kusniah, Rendra Kresna terlihat cukup empati. Berbagai pertanyaan tentang aktivitas sehari-hari sang legenda pun dia lontarkan.

Simpati NasDem kepada Kusniah karena semasa muda, nama Kusniyah memang cukup melambung diblantika musik tradisional suku Osing Banyuwangi.

Berbagai prestasi yang membawa nama harum Bumi Blambangan di kancah Nasional hingga Internasional pernah dia torehkan. Namun nyatanya, hari tua Kusniah cukup bertolak belakang.

Kusniah kini tinggal bersama sang anak yang gangguan mental di rumah semi permanen sangat sederhana ukuran 4×6 meter. Itupun dilahan milik PT KAI.

Berbagai karya emas lagu tradisional Kendang Kempul juga pernah dia ciptakan. Diantaranya, hits berjudul Kangen, Loro Ati, Kantru-kantru dan Watu Dodol.

Melihat ada yang mengasihani, Kusniah yang kini menderita gejala Stroke bukannya tambah memelas. Dia justru bercerita tentang aktivitasnya yang masih bergelut di bidang seni.

“Saya saat ini hanya melatih anak-anak di kota Banyuwangi,” ujarnya seolah menabahkan diri.

Menurut Rendra Kresna, kegiatan ini adalah wujud kepedulian kader NasDem terhadap nasib pelaku seni.

“Untuk itu, kita mengajak seluruh kader NasDem di Banyuwangi, untuk mendorong adanya program kesejahteraan para pelaku seni, meskipun sebenarnya Pemerintah Daerah selama ini juga sudah melakukan,” cetusnya.

Selanjutnya Rendra Kresna menghadiri Gebyar Seni Mangir, di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, yang diprakarsai DPD Partai NasDem Banyuwangi. (*)

Add Comment