a

NasDem Jatim Safari Ramadan ke 5 Ponpes

NasDem Jatim Safari Ramadan ke 5 Ponpes

JAWA TIMUR (17 Juni): Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Jawa Timur melakukan safari Ramadan ke lima pondok pesantren (ponpes) di Jawa Timur. Safari Ramadan dilakukan selama tiga hari dari Jumat hingga Minggu, 16-18 Juni 2017.

Lima pondok pesantren yang menjadi tujuan adalah Ponpes Langitan Tuban, Tebuireng Jombang, Al Hikam Malang, Al Qodiri Jember, dan Syaikhona Kholil Bangkalan Madura.

"Safari Ramadan adalah agenda rutin Partai NasDem setiap Ramadan," kata fungsionaris DPP Partai NasDem Effendy Choirie, Sabtu (17/06).

Safari ini, kata dia, untuk membangun tali silaturahmi NasDem dengan ulama pengasuh ponpes sekaligus memperkuat kebersamaan.

"Sebagai partai nasionalis, NasDem juga perlu mendengar masukan dan saran para ulama terhadap dinamika politik dalam hubungannya dengan konsep keberagaman," kata Effendy.
Lebih jauh Effendy juga menambahkan, safari Ramadan juga bertujuan mendapatkan tabaruk dan i'tibar dari ulama.
"Ulama adalah soko guru bagi kemerdekaan RI," kata pria yang akrab disapa Gus Choi ini.

Pada kunjungan pertama safari Ramadan, Partai NasDem sowan ke Pondok Pesantren Langitan, Tuban, Jawa Timur. Rombongan diterima Kiai Haji Ubaidilah Faqih, anak tertua almarhum Abdullah Faqih. Dalam pertemuan tersebut mereka sempat membicarakan kebangsaan dan bagaimana menjaga bangsa.

Ponpes Langitan Tuban adalah salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia. Ponpes ini berdiri pada 1892 dan masih mempertahankan ketradisionalannya (salaf). Sejumlah ulama terkenal seperti K.H. Syaikhona Kholil, K.H. Hasyim Ashari, dan K.H. Mustofa Bisri adalah lulusan ponpes tersebut.(*)

Add Comment