a

NasDem OKU Sudah Terima 37 Bacaleg 2019

NasDem OKU Sudah Terima 37 Bacaleg 2019

BATURAJA, SUMSEL (6 April): Mempersiapkan calon legislator (Caleg) untuk bertarung di Pemilu 2019 mendatang, Partai NasDem Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel)telah melakukan penjaringan. Sejak dibuka beberapa waktu lalu, sudah ada 37 orang yang mendaftar.

Sekretaris DPD Partai NasDem OKU, Rakhmat Saleh menyampaikan, pendaftaran bakal Caleg dibuka untuk umum alias tidak harus kader. Namun, nantinya akan dilakukan survei dan seleksi kembali terhadap peserta dengan berbagai penilaian yang ditentukan oleh partai.

“Tapi masalah survei itu kewenangan provinsi. Kami di daerah, hanya memfasilitasi membuka pendaftaran bakal Caleg. Untuk jumlahnya tidak dibatasi, makin banyak makin bagus. Adapun batas pendaftaran sendiri, akan berakhir pada 15 April mendatang,” ujar Rakhmat, Senin (03/04).

Lebih jauh Rakhmat juga menyatakan, program partai sekarang bahwa daerah ditargetkan bisa mendudukan calegnya minimal enam kursi. Perlu diketahui DPP memiliki program ‘up’ kursi dari yang sudah dicapai pada Pileg 2014 lalu. Makanya, pada penjaringan bacaleg yang dilakukan, diupayakan diikuti 200% dari jumlah kursi sehingga didapati orang-orang yang mumpuni dan bisa bertarung di Pileg mendatang.

“Memang dalam penjaringan, tidak ada kriteria tertentu. Supaya masyarakat juga diberi ruang untuk dapat maju sebagai calon legislatif. Yang terpenting, tidak ada pungutan biaya sepeserpun terhadap peserta,” imbuhnya, seraya mengatakan, bagi peserta selekai bakal Caleg DPRD provinsi dan DPR RI baru ada dua yang mendaftar.

Lebih jauh disampaikan, metode Pileg mendatang diperkirakan masih seperti Pemilu lalu, yakni berdasarkan suara terbanyak. Tetapi, pihaknya juga terus meninjau aturan yang terus berubah-ubah. Adapun PR bagi NasDem OKU, pada Pileg mendatang, bahwa pihaknya harus mendapat kursi di Dapil 4.

“Dari empat Dapil yang ada di OKU, kita hanya bisa mendudukan tiga anggota dewan dari tiga dapil. Ini akan kita kejar sehingga program partai bisa berjalan maksimal,” terangnya.(*)

Add Comment