a

Relawan Kotak Kosong Terus Bertambah

Relawan Kotak Kosong Terus Bertambah

PATI, JATENG (27 Januari): Ribuan orang telah meneken dukungan terhadap kotak kosong dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Para pendukung kotak kosong membubuhkan ribuan tanda tangan di atas kain putih sepanjang 400 meter yang terbentang mulai Jalan Pemuda hingga Jalan Sudirman, Pati, Kamis (26/01).

"kotak

Hal itu menjadi bentuk perlawan­an masyarakat terhadap calon tunggal Haryanto-Saiful Arifin dalam pilkada 15 Februari 2017 mendatang. Sementara Partai NasDem menjadi satu-satunya partai yang membela Kotak Kosong.

“Kami tidak gentar karena ini merupakan suara rakyat Pati yang sesungguhnya dalam berdemokrasi. Meskipun sejak awal terus dihambat eksistensinya, tetap akan berjuang memenangkan kotak kosong,” kata Sutiyo, Ketua Aliansi Kawal Demokrasi Pilkada (AKDP) Pati.

Sejak pagi, sekitar 10.000 warga pendukung kotak kosong pilkada Pati telah berkumpul di beberapa titik di luar Pati. Satu demi satu masuk dan berkumpul di posko pemenangan di Jalan Pemuda, Pati, dengan berjalan kaki ataupun berkendara.

"kotak

"nasdem

Akan tetapi, ribuan orang lainnya dari arah selatan terhambat karena aksi brigade polisi yang tidak jauh dari jembatan menuju ke arah kota. Polisi tetap berkukuh melarang mereka melanjutkan aksi.

“Aksi ini memang sudah diberitahukan. Akan tetapi, pada saat yang bersamaan, tim sukses dari pasangan Haryanto-Saiful Arifin juga akan berkampanye dengan rute yang sama. Karena itu, keduanya kami larang,” tukas Kepala Polres Pati AKB Ari Wibowo.

Akan tetapi, saat ditanya adakah surat pengajuan dari pihak tim kampanye calon tunggal tersebut, Ari tidak bisa menunjukkan. Dalam pengakuannya, Sutiyo mengaku dipanggil mendadak oleh Kapolres Pati pada Rabu (25/1) sore. Kapolres meminta agar pihaknya tidak melakukan aksi tersebut karena berbarengan dengan aksi pasangan calon tunggal dalam pilkada Pati.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pendukung kotak kosong. Meskipun tanpa bayaran dan dihambat, mereka tetap berupaya datang,” ucap Sutiyo.(*)

 

Add Comment