a

Hamdhani Serahkan Alsintan ke Petani Kobar

Hamdhani Serahkan Alsintan ke Petani Kobar

KOBAR, KALTENG (6 Januari): Anggota DPR RI, Hamdhani menyerahkan 2 traktor roda 4 dan 5 pompa air pertanian kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (6/1).  Penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kobar.  Dengan bantuan alsintan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Marunting Batu Aji ini.

Acara serah terima alsintan tersebut dihadiri Kepala Distanak Kobar, Rosehan Pribadi, Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf Wisnu Kurniawan, jajaran pegawai di lingkungan Distanak Kobar serta para penerima bantuan alsintan.

"hamdhani-kobar1"

Dalam sambutan singkatnya, Hamdhani mengatakan, areal lahan Kobar cukup baik untuk pengembangan produksi pertanian. Karena itu, perlu didorong dengan alsintan yang memadai agar hasil produksi pertanian bisa lebih maksimal.

"Dengan dana aspirtasi, saya dapat langsung memberikan kepada kelompok tani dengan koordinasi dari dinas-dinas terkait," ujar Anggota Komisi IV Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng) itu.

Politisi NasDem ini melanjutkan dengan menyampaikan terimakasih kepada TNI yang ikut dalam menyukseskan program kedaulatan pangan. TNI turut serta dalam pengawasan terhadap pupuk bersubsidi. Sehingga, masyarakat petani tak kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.  Kedua, TNI juga membantu dalam program cetak sawah. Bahkan, TNI pun membantu masyarakat hingga proses penanaman dan panen.

"Keterlibatan TNI mengawal pertanian perlu diapresiasi. Mengawasi pupuk dan membantu cetak sawah oleh TNI," tambah Hamdhani.

Dengan adanya bantuan alsintan ini, diharapkan petani bisa meninggalkan sistem bertani tradisional untuk memacu tingkat produktivitas pertanian.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kobar, Rosehan Pribadi mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Hamdhani yang terus memperjuangkan nasib para petani Kobar, Kalteng, bahkan Indonesia. Melalui dana aspirasi, Hamdhani bisa memberikan langsung alsintan kepada para petani.

Dia meminta kepada setiap kelompok penerima bantuan untuk memanfaatkan alsintan tersebut dengan baik.

Sekedar informasi, untuk bantuan Alsintan 2016 di Kalteng kebagian traktor roda 2 sebanyak 143 unit, pompa air sebanyak 150 unit, traktor roda 4 sebanyak 7 unit, rice transplanter sebanyak 15 unit, combine harvester sebanyak 34 unit serta cornsheller sebanyak 3 unit. (RO/*)

Add Comment