a

Warga Korban Gempa Aceh Juga Butuh Psikolog

Warga Korban Gempa Aceh Juga Butuh Psikolog

PIDIE JAYA, ACEH (12 Desember): Sejak terjadi gempa pertama berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) di Aceh, hingga hari ini terhitung lebih dari 70 gempa susulan dengan kekuatan gempa bervariasi.  Kondisi seperti ini menyebabkan warga untuk tetap kembali ke tenda pengungsian. Selain mulai kekurangan air bersih, warga juga mulai dihadapkan pada penyakit diare.

"brn-12127"
Sementara itu, Tim Kesehatan Badan Rescue NasDem (TK-BRND) sejak pagi hari telah membuka posko layanan kesehatan.

“Hari ini kami membuka posko kesehatan di tiga titik. Mulai di pusat di Pidie Jaya juga di Desa Grongrong Capa Kecamatan Capa, dan Desa Gampong Udeng Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya,” ujar Yudhi Auliarahman, Koordinator Relawan Kesehatan Badan Rescue NasDem dari Posko Induk di Pidie Jaya, Aceh, Senin (12/12).

"brn-12122""brn-12125"

Setiap hari, TK-BRND sekurangnya melayani tidak kurang dari 500 warga yang membutuhkan layanan kesehatan. Dari setiap titik, lebih dari 250 warga mengantri untuk dilayani.

"brn-12124" “Kemarin kami melayani lebih dari 600 warga, angka ini sebenernya di luar perkiraan dan target layanan kami.  Makanya kemarin kami kehabisan obat-obatan umum,” tambah Yudhi.

Setelah melakukn evaluasi tadi malam, Yudhi menambahkan, hari ini TK-BRND melakukan layanan ke desa berbeda yang belum ada atau masih kurang layanan kesehatnnya.

Selama beberapa hari berada di lokasi gempa, Yudhi menilai, musibah yang dialami warga korban gempa sesungguhnya bukan hanya soal kesehatan.

“Mereka banyak yang stress dan trauma. Sepertinya merek juga butuh spikolog selain soal kesehatan. Kejiwaan mereka juga perlu di bantu,” tutup Yudhi.(*)

Add Comment