a

Undecided Voters Masih Besar

Undecided Voters Masih Besar

JAKARTA (1 Desember): Dari hasil survey dalam dua minggu terakhir, elektabilitas pasangan calon (paslon) petahana gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta menunjukkan penurunan.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinn Pusat (DPP) Partai NasDem Jhonny G Plate mengatakan bahwa hasil survei tidak bisa menjadi gambaran konkret saat pelaksanaan pencoblosan. Menurutnya, jawaban responden bisa saja tidak sesuai dengan pilihannya saat pencoblosan.

"Undecided voters masih besar sekali. Suasana psikologis responden saat ini tidak berpihak pada pilihan sesuai hati nurani konstituen (mereka was-was) karenanya jawaban mereka bisa saja hanya untuk memuaskan interviewer agar tidak bertanya lebih lanjut. Jawaban mereka belum tentu sesuai dengan pilihan mereka pada saat di TPS," ujar Jhonny, Kamis (1/12).

Politisi NasDem asal NTT itu mengaku tidak terlalu percaya pada hasil lembaga survei. Sebab lembaga survei banyak dijadikan alat untuk membentuk opini bagi calon tertentu. Tujuannya, tak lain untuk membentuk citra calon tersebut.

"Hasil survei masih menjadi bagian dari strategi meyakinkan konstituen dan undecided voters, bagian dari pencitraan," tukas Jhonny.

Meski demikian, tim sukses Ahok-Djarot  tidak akan terpengaruh dengan hasil survei itu.

"Timses Ahok-Darot akan bekerja lebih fokus untuk menyakinkan konstituen potensial dan konstituen rasional DKI Jakarta," tutup Johny.(*)

Add Comment