a

Road Show Verifikasi Faktual dan Kultural di Kaltara

Road Show Verifikasi Faktual dan Kultural di Kaltara

KALTARA (16 Oktober): Setelah selesai dari Kabupaten Tarakan, Tim Verifikasi Faktual dan Kultural Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem langsung melanjutkan perjalanan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Nunukan dan Bulungan. Di Kabupaten Nunukan, ada dua lokasi yang harus dituju, Nunukan sendiri dan Sebatik.

Verifikasi ini dilakukan salah satunya untuk melengkapi struktur organisasi hingga ke bawah sesuai amanah undang-undang.

"nasdem-kaltara-road-show"

Verifikasi faktual tidak hanya dilakukan di level dewan pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD), namun hingga tingkat kecamatan bahkan hingga tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Saat dimulai di Tarakan, Sabtu (15/10) di ruang pertemuan Hotel Hotel Royal Crown Jalan Mulawarman Tarakan, Kalimantan Utara, Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPP Partai NasDem yang juga Koordinator Wilayah (Korwil) Kaltara, Jeannette Sudjunadi menyatakan, ini adalah bagian dari program kerja Partai NasDem dalam rangka konsolidasi struktural dan kultural. Bagi Partai NasDem, verifikasi ini berfungsi sebagai tiang dari kebangsaan maka NasDem harus mempunyai struktur partai hingga di tingkat TPS.

"nasdem-kaltara-road-show1"

Ditambahkannya pula, penyempurnaan organisasi tidak hanya dilakukan dengan perbaikan struktur, tapi juga harus dibangun kultural yang akan membawa cita-cita restorasi Indonesia melalui gerakan perubahan.

“Kultur menjadi sangat penting, bagaimana perilaku partai, adab politik yang dijalankan oleh Partai NasDem merefleksikan cita-cita restorasi itu,” papar Jeannette Sudjunadi di sela verikasi, seperti dilansir bulungan.prokal.co.

Lebih jauh juga dikatakan Jeannette, Kaltara adalah bagian yang tidak terpisahkan dari target yang akan dicapai Partai NasDem pada Pemilu 2019 nanti. Secara nasional, Partai NasDem menargetkan kadernya duduk di DPR RI melebihi jumlah yang ada saat ini 36 orang.

"nasdem-kaltara-roadhshow5"

“Kita harus mencapai target setidaknya semua dapil (9 daerah pemilihan,red.) harus terisi. Dapil yang sudah ada anggota dewannya harus bertambah, karena kalau tidak, berarti kehadiran Partai NasDem yang diwakili anggota dewannya tidak dirasakan manfaatnya oleh publik,” terangnya.

Sekarang ini, Kaltara sudah memiliki satu kader yang duduk di DPR RI yakni, Ari Yusnita. Karena diperkirakan bakal menjadi dapil baru pada pemilu 2019, maka DPP Partai NasDem menargetkan Kaltara bisa meloloskan setidaknya tiga wakil ke Senayan.

"nasdem-kaltara-roadshow6"

Begitu juga di DPRD Kaltara, lanjut Jeannette, jika saat ini jumlah anggota dewan dari Partai NasDem hanya 2 dari 35 anggota dewan, maka pada pemilu 2019 nanti harus bertambah. Demikian pula di DPRD kabupaten dan kota di Kaltara.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Kaltara, Jusuf SK menegaskan, siap memenuhi tuntutan pengurus pusat untuk menyempurnakan struktur organisasi. Saat ini, baru struktur DPW dan DPD yang sudah dilengkapi. Sementara pengurus DPC dan DPRt masih dipersiapkan.

“Kalau diperkirakan baru sekitar 30 persen. Seperti Malinau ada kecamatan yang dua minggu baru sampai di perbatasan sehingga bisa dipahami betapa sulit, tetapi tidak ada kata sulit, harus semua bisa tercapai,” imbuhnya.

"nasdem-kaltara-roadshow7"

Dijelaskan Yusuf, estimasi kira-kira sekitar 80 sampai 90 persen bisa diselesaikan. Tapi seperti Tarakan, Bulungan, diharapkan bisa selesai semuanya. Pada akhir Desember nanti diharapkan bisa selesai untuk tingkat DPC. Sementara khusus untuk DPRT akan diselesaikan secara bertahap.

Sementara itu, konsolidasi dan verifikasi di 5 DPC Sebatik dihadiri perwakilan seluruh DPC Sebatik langsung didampingi Ketua DPW Yusuf SK Kaltara beserta pengurus DPW dan DPD Nunukan. Hari ini, verifikasi dan konsolidasi dilakukan di DPD Nunukan dan DPC Nunukan Selatan. (*)

Add Comment