a

Kinerja KPI Diharapkan Semakin Baik

Kinerja KPI Diharapkan Semakin Baik

JAKARTA (20 September): Kinerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) diharapkan semakin baik pasca dilantiknya komisioner yang baru oleh Presiden. Demikian disampaikan anggota Komisi I DPR Ri Supiadin Aries Putradi Gedung DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, (20/9).

“Saya ingin sampaikan selamat atas pelantikan KPI. Dengan wajah baru ini kita harapkan kinerjanya jadi semangat. Semangat baru, harapan baru,” papar Supiadin.

Lebih jauh legislator asal Jawa Barat itu juga menyampaikan, permintaan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Makasar diberikan kewenangan untuk melakukan sensor terhadap siaran televisi nasional di daerah. Sebab, kultur dari masing-masing daerah memiliki perbedaan dan ciri khas.

“Materi yang sudah di sensor dan yang tidak disensor oleh KPI Pusat itu belum tentu juga layak ditonton di daerah karena tidak sesuai dengan kultur daerah. Kan daerah punya kultur dan kearifan lokal yang menurut kacamata nasional itu bagus, tapi menurut kacamata daerah tidak,” jelas Supiadin.

Anggota Fraksi NasDem itu juga meminta pendapat dari KPI Pusat soal permintaan KPID Makassar tersebut.

“Ini hasil kunjungan kerja (kunker) panitya kerja (panja) penyiaran ke makasar, dan KPID makasar itu memberi masukan. Sehingga mereka minta ingin diberi peran utk melakukan sensor terhadap program tv nasional yang siarannya sampai daerah,” papar Politisi Nasdem ini seperti dilansir dari dpr.go.id.

Tidak berhenti sampai di situ, Supiadin juga meminta penjelasan KPI soal sensor yang tidak kontekstual, semisal siaran olahraga renang.

“Tentang sensor yang tidak kontekstual, ya namanya olahraga renang itu memang tidak mungkin pake baju, tetapi ya pakai pakaian renang. Lah kenapa di siaran itu diblur?” tanyanya.

Hal ini seperti menjadi tantangan baru KPI untuk dapat menyelesaikan beberapa pertanyaan publik terkait konteks siaran tersebut. Meksipun begitu, Supiadin tetap berharap kinerja KPI semakin baik dengan pasca dilantiknya oleh Presiden pada beberapa waktu lalu.(*)

Add Comment