a

Enggar: OTT IG Tidak Ada Kaitan dengan Import Gula

Enggar: OTT IG Tidak Ada Kaitan dengan Import Gula

JAKARTA (18 September): Terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berinisial IG, di Jln Denpasar Raya, Jakarta, Sabtu (17/9) dini hari, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan OTT tersebut tidak ada sangkutpautnya dengan impor gula.

"Tidak ada kaitannya peristiwa OTT KPK dengan impor gula, mungkin distributor gula," ujar Enggar saat kunjungan kerja (kunker) di Lampung Timur, Minggu (18/9).

Setelah ramai peristiwa OTT tersebut, Enggar menyebut, pihaknya sudah melakukan pengecekan pada malam usai penangkapan oleh KPK Sabtu dini hari lalu itu.

"Izin impor sepenuhnya menjadi kewenangan Kementerian Perdagangan, saya langsung yang mengawasi jadi tidak mungkin ada perusahaan itu," papar Enggar, seperti dilansir dari antaranews.com.

Enggar juga menegaskan, perusahaan impor tidak ada yang berbadan hukum Comanditaire Venootschap (CV).

"Gak adalah kalau yang CV, itu kan cenderung untuk usaha kecil menengah. Aneh saja, kok bisa CV jadi pengimpor gula, mungkin ada kesalahan, saya tidak tahulah. Kenapa bisa CV jadi importir, yang jelas perusahaan itu tidak ada dalam daftar importir kami," kata Enggar " jelas Enggar.

Dijelaskan Enggar yang juga kader NasDem itu, bulog ada tidak untuk membagi-bagikan, atau pengalokasian pasokan untuk setiap daerah.

"Kita tahu Bulog, setiap operasi pasar juga selalu Kemendag ketahui, jadi gak mungkin ada alokasi pembagian untuk Sumatera Barat atau daerah lainnya di Indonesia," papar Enggar lagi.(*)

Add Comment