a

Mendag Enggartiasto Lukita Langsung Blusukan

Mendag Enggartiasto Lukita Langsung Blusukan

JAKARTA (8 Agustus): Setelah resmi memangku jabatan sebagai Menteri Perdagangan pada 27 Juli 2016 lalu, Enggartiasto Lukita tak harus menunggu lama untuk blusukan.  Minggu, (7/8) lalu, Mendag Enggar melakukan blusukan ke Pasar Modern Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Mendag juga blusukan ke pasar rakyat, Pasar Anyar Tangerang, untuk mengetahui perkembangan harga komoditas pangan, seperti beras, bawang merah, cabai, gula, dan daging sapi.

"Ini tugas yang dimandatkan Presiden Jokowi kepada saya, yaitu mengendalikan harga pangan. Rakyat harus mendapatkan harga terjangkau dengan tetap membuat kesinambungan dunia usaha," ujar Enggar.
Lebih jauh Enggar juga menyebutkan, bahwa Presiden menugaskannya mengerjakan tiga sektor prioritas, yaitu upaya pengendalian harga, upaya kemandirian pangandan kesinambungan dunia usaha.

Blusukan kali ini untuk memastikan harga pangan pokok terjamin ketersediaannya dan terjangkau harganya, khususnya harga daging. “Harga daging sapi dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan kecederungan stabil pada tingkat harga yang tinggi. Kondisi ini tentu cukup memberatkan baik bagi konsumen maupun bagi pedagang karena omzetnya semakin turun,” jelas Enggar.

Pada kunjungan kali ini, Mendag Enggar juga sekaligus memantau pasar modern untuk dijadikan percontohan dalam pembangunan pasar-pasar rakyat. Kemendag berkomitmen terus mewujudkan program pembangunan dan revitalisasi 5.000 pasar rakyat pada 2015-2019 sesuai mandat Presiden Joko Widodo dalam Nawacita.

“Kemendag berkomitmen membangun ekonomi kerakyatan melalui pembangunan sarana distribusi perdagangan antara lain pasar rakyat. Citra pasar rakyat harus berubah jadi pasar yang bersih, tidak bau, kering, tertib, dan teratur,” ujar Mendag Enggar.

Enggar menegaskan pembangunan pasar rakyat tidak hanya akan fokus pada pembangunan pasar fisik, tetapi juga membangun sistem budaya yang mengedepankan interaksi antara penjual dan pembeli. Selain itu, pengelolaan pasar rakyat juga harus dibenahi agar dapat bersaing dengan pasar modern yang pengelolaannya lebih profesional.

"Pemerintah akan mempercepat target revitalisasi pasar rakyat ini untuk tiga hal, yaitu menjaga laju sektor riil, meningkatkan fasilitas kemudahan berusaha, dan memperluas akses ekonomi masyarakat," tegas Enggar.(*)

Add Comment