a

Tantangan NasDem: Implementasi Ide-ide Besar Surya Paloh

Tantangan NasDem: Implementasi Ide-ide Besar Surya Paloh

JAKARTA (14 Mei): Tantangan nyata bagi Partai NasDem saat ini adalah bagaimana menerjemahkan pemikiran Restorasi Surya Paloh dalam program kerjanya, agar rakyat sungguh-sungguh merasakan perubahan yang berarti dalam penataan kehidupan politik bangsa.

 

Oleh karna itu penting sekali bagi setiap kader NasDem untuk membaca dan memahami buku putih "Restorasi Indonesia" yang merupakan panduan ke arah gerakan perubahan menuju Indonesia baru.

Itulah antara lain pandangan Wakil Ketua DPP BAHU Partai Nasdem Hermawi Taslim, yang disampaikannya dalam bedah buku Retorika Politik Surya Paloh. Buku ini ditulis seorang wartawati muda Herma Retno Prabayanti yang digelar DPD NasDem Tangerang Selatan di Hotel Sol Marina, Serpong, Jumat 13 Mei 2016.

Selain Taslim, tampil sebagai pembahas Djajat Sudradjat, Redaktur Senior Harian Media Indonesia dan Andi Syafrany, pakar politik UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta.

‎Dalam paparannya Taslim menyebutkan, salah satu kunci keberhasilan retorika Surya Paloh adalah pendekatannya yang persuasif.  Surya Paloh dalam setiap beretorita  selalu mengajak dan mendorong, bukan mendikte audiensnya untuk terus melakukan yang terbaik bagi bangsa ini.

“Dalam hampir setiap kesempatan, Surya Paloh selalu menggunakan lima kata kunci yakni: Nasional – Demokrat – Restorasi – Kedaulatan dan Kebangsaan. Dari penggunaan kata-kata kunci itu kita lantas bisa menyimpulkan bahwa semangat keindonesiaannya sangat tinggi,” ungkap Taslim.

Sementara Andi Syafrani melihat Retorika Surya Paloh sebagai keberhasilan karena terbukti diterima masyarakat luas. Kunci keberhasilan itu, menurut Andi, karena dalam setiap beretorika Surya selalu menggunakan bahasa yang sederhana, lugas, dan to the point sehingga mudah dicerna seluruh lapisan masyarakat.

Namun Nadi juga mengkritik buku ini karena dianggapnya belum sepenuhnya merepresentasikan gaya dan bentuk retorika Surya Paloh.

“Buku ini lebih banyak menggunakan kajian dan pendekatan ilmiah,” tuturnya.

Sementara Djadjat Sudradjat menilai bahwa Surya Paloh sosok yang selalu punya gagasan besar dan terdepan.

“Beliau orang yang visioner dan punya rasa percaya diri yang tinggi. Ini sangat terasa selama lebih 25 tahun saya bersama beliau di Media Group,” ujar wartawan senior itu.(*)

Add Comment