a

Mantan Ketua DPW NasDem Banten Abu Bakar Nataprawira Meninggal

Mantan Ketua DPW NasDem Banten Abu Bakar Nataprawira Meninggal

JAKARTA (14 Maret): Irjen Pol (Purn) Abu Bakar Nataprawira (65), mantan Ketua DPW NasDem Banten,  meninggal dunia akibat kebakaran ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama RSAL Mintohardjo, Benhil, Jakarta Pusat, Senin 14 Maret 2016.  NasDem berduka atas berpulangnya Abu Bakar.

"Kami berbelasungkawa atas meninggalnya Pak Abu Bakar. Beliau adalah kader yang baik, yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya," ujar Sekjen Partai NasDem Nining Indra Saleh kepada wartawan.

Abubakar juga merupakan suami dari Tri Murti, anggota DPR-RI Komisi VIII Fraksi NasDem. Ia sempat menjabat sebagai Ketua DPW NasDem Banten 2014-2019, namun Abu Bakar mengundurkan diri karena sakit.

Kebakaran menimbulkan asap putih dan pasien di Ruang Udara Bertekanan Tinggi RUBT lama terbakar. Mereka tidak dapat diselamatkan. Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Kolonel Laut M. Zainudin menjelaskan, kronologis peristiwa itu.

"Kejadian dimulai pada pukul 11.30 dengan tekanan 2,4 atmosfir. Kemudian sekitar pukul 13.00, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atmosfir, pada pukul 13.10 terlihat percikan api di dalam chamber," kata Zainudin dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian, operator dengan cepat membuka system fire tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik cepat. "Safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan. Api bisa dipadamkan, namun korban tidak dapat diselamatkan," katanya.

Korban yang berada dalam ruang tersebut baru bisa dievakuasi sekitar pukul 14.00 WIB. "Pada pukul 14.00 WIB, korban dapat di evakuasi dan segera dibawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo," paparnya.

Selain pasien, sebagian petugas juga ikut jadi korban dalam kebakaran itu. Saat ini petugas yang jadi korban tengah mendapat perawatan di UGD RSAL Mintahardjo.

"Untuk petugas dan penunggu yang ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi langsung dievakuasi ke UGD RSAL Mintohardjo guna mendapat perawatan intensif akibat asap," kata dia.

Ia menambahkan, "Dari pihak Puslabfor Polri besama POMAL untuk olah TKP, saat ini belum bisa diambil kesimpulan penyebab terjadinya kebakaran."

Ada empat korban meninggal akibat kebakaran itu. Mereka adalah Irjen Pol. Purn. Abubakar Nataprawira, 65. Mantan Kadiv Humas Polri, Edi Suwandi, 67, dr. Dimas, 28 dan Sulistyo, 54(*)

Add Comment