Cegah Kanker Payudara dan Serviks Sejak Dini

PESISIR SELATAN (13 Maret): Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan sosialisasi tentang cara deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks kepada para kader dan masyarakat di Kecamatan Linggo, Pesisir Selatan, Sumbar, Kamis (12/3).

Menurut Ketua TPPKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, kegiatan itu dilakukan dalam rangka upaya penanggulangan kanker payudara dan kanker serviks. Ia menambahkan, berdasarkan penelitian setiap dua menit ada satu orang wanita yang meninggal akibat terserang kedua penyakit kanker tersebut.

“Untuk itu sangat perlu kita lakukan antisipasinya. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi ini, sehingga ibu-ibu mengenali dan tahu tentang kedua kanker mematikan tersebut,” ujar Lisda dalam sambutannya.

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem itu mengimbau, kepada para ibu untuk tidak malu dan takut memeriksakan diri. Hal itu dilakukan guna menjaga dan memastikan bebas dari kedua kanker tersebut.

“Kita berharap melalui kegiatan ini semoga kaum perempuan mendapatkan pemahaman tentang¬† kanker payudara dan kanker serviks sehingga pencegahan, penanganan dan pengobatan dapat dilakukan sejak dini,” urai Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar I itu.

Selain itu, Legislator NasDem itu berharap, ilmu yang didapat dari sosialisasi ini dapat disalurkan kepada kaum ibu di wilayah masing-masing peserta, sehingga akan berdampak baik terhadap kaum ibu lainnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Camat Air Pura serta Kader PKK dan masyarakat setempat.(HH/*)

Written by 

Berita Serupa

Leave a Comment